Senin, 30 November 2020

PENGEMBANGAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN KESEHATAN

PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PROMOSI KESEHATAN DEFINISI BELAJAR BELAJAR 

1. Diperlukan untuk memperoleh ketrampilan yang dibutuhkan oleh manusia dalam hidup bermasyarakat (konsep Amerika) 
2. Penyempurnaan potensi atau kemampuan pada organisme biologi dan psikis yang diperlukan dalam hubungan manusia dengan dunia luar dan hidup bermasyarakat
3. Suatu usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup
4. Menghafal, mengingat dan memproduks sesuatu yang dipelajari (konsep Eropa)

PROSES BELAJAR MENCAKUP HAL-HAL;

A.LATIHAN
a. penyempurnaan potensi tenaga-tenaga yang ada dengan mengulang-ulang aktivitas tertentu.
b. Sama dengan pembiasaan
c. Taraf biologis à taraf psikologis  
d. Proses kesadaran à proses ketidak sadaran (otomatisasi)yang menghasilkan tindakan yang tanpa disadari, cepat dan tepat

B. MENAMBAH / MEMPEROLEH TINGKAH LAKU BARU
a. Memperoleh sesuatu yang baru
b. Belum ada à ada, belum diketahui à diketahui, belum Dimengerti à mengerti
c. Terjadi peralihan dari potensi keaktivitasan

CIRI-CIRI KEGIATAN BELAJAR
1. Belajar adalah kegiatan yang menghasilkan perubahan pada diri individu yang sedang belajar, baik aktual maupun potensial
2. Perubahan tersebut pada pokoknya didapatkan karena kemampuan yang berlaku untuk waktu yang relatif lama
3. Perubahan-perubahan yang terjada karena usaha,bukan karena proses kematangan Hilgard
4. belajar adalah suatu proses perubahan kegiatan dan reaksi terhadap lingkungan

TEORI PROSES BELAJAR
   Awalnya timb teori stimulus-respons (pangkal pd psikologi asosiasi J Locke & Herbart), tidak memperhitungkan faktor internal mengambil tanggapan-tanggapan dan menggabungkan tanggapan-tanggapan dengan mengulang-ulang yang diperoleh dari pemberian stimulus Teori transformasi berlandaskan psikologi kognitif Neisser, memperhit faktor internal & eksternal merupakan transformasi masukan (input), kemudian input tersebut di reduksi, diuraikan, disimpan,ditemukan lagi & dimanfaatkan Proses belajar bersifat internal yang dipengaruhi oleh faktor eksternal antara lain metode pengajaran

TEORI BELAJAR SOSIAL — Miller
dan Dollard Tingkah laku manusia merupakan hasil belajar. FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PROSES BELAJAR  TEORI BELAJAR GESTALT 
1. Belajar merupakan interaksi antara subjek belajar dengan lingkungannya
2. Seseorang dapat dikatakan belajar apabila ia memperoleh pemahaman dalam situasi yang problematis
3. Pemahaman tersebut ditandai dengan adanya a. Suatu perubahan yang tiba-tiba dari keadaan yang tak berdaya menjadi keadaan yang mampu menguasai atau memecahkan masalah atau problema b.Adanya retensi yang baik c. Adanya peristiwa transfer.
4. Pemahaman didapat dari problem solving
5. Belajar adalah memberikan problem kepada subjek belajar untuk dipecahkan dari beberapa segi

TEORI BELAJAR MENGHAFAL & MENTAL DISIPLIN
1. TEORI MENGHAFAL
a. Belajar adalah menghafal dan menghafal adalah usaha untuk mengumpulkan pengetahuan melalui pembeoan kemudian digunakan apabila diperlukan.
b. Tak sepenuhnya benar, karena manusia dapat berfikir & mempunyai tujuan yakni terjadi hal-hal baru yang bermanfaat bagi dirinya
c. Tak efektif karena akan hilang bila tak difungsikan dan tidak langsung digunakan atau dimanfaatkan dalam hidup sehari-hari
2. TEORI MENTAL DISIPLIN A
Belajar adalah mendisiplinkan mental, melalui latihan terus- menerus secara kontinyu, berencana &teratur. Daya pikir, daya ingat, daya mengamati harus di kembangkan & di pertajam dengan latihan-latihan tertentu.

C. Dua faktor penting dalam melatih daya pikir 
- Faktor Asah Otak :
harus selalu diasah dengan latihan daya pikir sehingga daya yang telah dilatih dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam semua bidang kehidupan. -  Faktor transfer : sering dijumpai dalam belajar tentang suatu ketrampilan atau pengetahuan yang lain. Untuk mempelajari sesuatu yg baru akan dipermudah dengan pengetahuan yang sebelumnya sudah dimiliki Sehingga pengetahuan dan ketrampilan yang diberikan kepada subjek belajar hendaknya dapat ditransfer dalam kehidupan sehari-hari.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR J.Guilbert dll
mengelompokan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar dalam 4 kelompok besar:
a. Faktor materi; menentukan proses & hasil belajar, misalnya belajar pengetahuan & sikap/ketrampilan menentukan proses belajar
b. Faktor lingkungan fisik (suhu, kelembaban udara, tempat), lingkungan sosial (manusia dengan segala interaksi & representasi)
c. Faktor instrumental: hardware (alat belajar, peraga), software(kurikulum, pengajar, fasilitator, metode)
d. Faktor individual subjek belajar: kondisi fisiologis (kurang gizi, kond panca indra), kondisi psikologis (intelegensi, pengamatan, daya ingat, motivasi dll) 

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR
1. Prinsip 1. Belajar adalah suatu pengalaman yang terjadi di dalam diri si pelajar yang diaktifkan oleh individu itu sendiri. Perubahan persepsi pengetahuan, sikap & perilaku adalah produk manusia sendiri, bukan dipaksakan kepada individu.
2. Prinsip 2.  Belajar adalah penemuan diri sendiri, berupa proses penggalian ide-ide berhubungan dengan diri sendiri & masyarakat sehingga dapat menentukan kebutuhan & tujuan yang akan dicapai
3. Prinsip 3. Belajar adalah konsekwensi dari pengalaman, misalkan kita tidak dapat mengatakan bahwa imunisasi penting, tapi harus memberi imunisasi sehingga orangtua mempunyai pengalaman
4. Prinsip 4. Belajar adalah proses kerjasama & kolabora- sikelompok yang akan memperkuat proses belajar memperoleh pengalaman dari orang lain dan mengembangkan pemikiran dan daya kreasi individu.Implikasi dalam pendidikan kesehatan: dengan pembentukan kelompok & diskusi kelompok mempermudah proses belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNIK DASAR SPORT MASSAGE

  Teknik Dasar Sport Massage Sport massage adalah teknik pemijatan yang dirancang khusus untuk membantu atlet dan individu yang aktif secara...